WiFi Toy

Jika kita ingin memahami apa yang terjadi dengan jaringan nirkabel (Wireless), kita harus terlebih dahulu mengetahui beberapa dasar-dasar komunikasi nirkabel dan transmisi radio.
Wireless networking dilakukan dengan mengirimkan sinyal dari satu komputer ke komputer lain melalui gelombang radio. Bentuk yang paling umum saat ini komputer nirkabel menggunakan standar IEEE 802.11b/g. Standar ini populer, juga disebut Wi-Fi atau Wireless Fidelity, kini didukung langsung oleh laptop baru dan PDA, dan perangkat lainnya.

Standar Wi-Fi IEEE 802.11b mendukung kecepatan maksimal 11 megabit per detik(Mbps). Data yang melalui dapat lebih dari 6 Mbps, dan bisa drop menjadi kurang dari 3 Mbps.802.11g mendukung kecepatan tinggi sampai dengan 54 Mbps.

802.11b dapat berhubungan dengan 802.11g secara langsung (kompatibilitas).

Kebanyakan produsen memiliki dukungan infrastruktur nirkabel menggunakan 802.11b dan 802.11g.

Tentang RF (Radio Frequensi)

Wi-Fi produk nirkabel menggunakan frekuensi radio untuk transmisi microwave di udara.
Microwave RF sangat mirip dengan radio yang digunakan dalam mobil Anda, hanya pada frekuensi jauh lebih tinggi.

Frekuensi radio menunjuk ke spektrum elektromagnetik di mana gelombang elektromagnetik dapat dihasilkan oleh pemberian arus bolak-balik ke sebuah antena. Frekuensi seperti ini termasuk bagian dari spektrum di bawah ini:


Frekuensi dan Panjang gelombang

Frekuensi dan panjang gelombang tidsk terpisahkan berhubungan satu sama lain. Seiring dengan peningkatan frekuensi, panjang gelombang menurun dan sebaliknya.
Frekuensi: Tingkat di mana sinyal radio berosilasi dari positif ke negatif.
Panjang gelombang: Panjang siklus lengkap dari osilasi sinyal radio.






Panjang gelombang ini, tentu saja, ukuran panjang, biasanya dinyatakan dalam metrik (meter, sentimeter,dan sebagainya). Dan frekuensi adalah penghitung jumlah gelombang yang terjadi selama mengatur waktu, biasanya per detik. Siklus per detik direpresentasikan sebagai Hertz (Hz).
Gambar 1-2 menunjukkan gelombang Wi-Fi radio untuk kanal 6 (2,437 GHz). Dimensi penting untuk dicatat, karena sifat fisik gelombang mendefinisikan antena, kabel, dan kekuatan pancaran gelombang

Wi-Fi sinyal yang beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz memiliki panjang gelombang rata-rata sekitar 12 cm. Karena panjang gelombang yang begitu pendek, antena dapat secara fisik sangat kecil.
Yang umum desain untuk antena adalah untuk membuatnya 1 / 4 dari panjang gelombang atau kurang panjangnya, yang hampir tidak lebih dari satu inci panjang. Itu sebabnya Wi-Fi antena dapat melakukan begitu baik meskipun mereka secara fisik sangat kecil. Sebagai perbandingan, sebuah antena radio mobil jauh lebih lama untuk mendapatkan sinyal yang layak karena sinyal radio FM yang rata-rata 10 meter.
Panjang gelombang dan panjang antena berbanding lurus. semakin panjang antena, semakin sinyal bisa diambil dari udara.

Wi-Fi Channels

Sebagaimana didefinisikan dalam 802.11b, Wi-Fi terdiri dari 14 saluran di seluruh dunia. Hanya saluran 1 sampai 11 adalah tersedia di Amerika Utara. Saluran di negara lain bervariasi.Table 1-2 menunjukkan masing-masing saluran dan frekuensi, dan negara-negara dengan persetujuan untuk menggunakan channel. (beruntung Jepang dapat menggunakan semua 14 channel)


PAPERCLIP ANTENNA

Membangun paperclip antena ada tujuh langkah, sebagai berikut:
1. Siapkan elemen antena
2. Dapatkan platform mounting (pegangan paperclip)
3. Buat elemen mengemudi atau dipole
4. Siapkan "cable tis" /pengikat kabel
5. Pasang pigtail untuk antena baru Anda
6. Kencangkan ikatan
7. Masukkan beberapa elemen terakhir ke antena














SUMBER :