DARLINGTON TRANSISTOR

-->

DISINI ada 2 transistor yang terhubung secara bersamaan pada keluaran EMITTER, jadi penguatan arus dari transistor pertama dikuatkan kembali oleh transistor kedua.Transistor ini mempunyai tiga terminal input (BASIS, COLLECTOR dan EMITTER) dengan kanal PNP dan NPN, yang sama dengan standar  terminal transistor tunggal biasa. Ada dua macam Transistor Darlington,  dengan dioda dan tanpa dioda di dalamnya. Kita membutuhkan datasheet book untuk mengecek apakah transistor Darlington ini dengan atau tanpa dioda di dalamnya.
Salah satu contoh code nomor dari transistor Darlington yang tidak mempunyai dioda di dalamnya adalah C516 (atau BC516). Seandainya kita perhatikan pada datasheetbook bahwa transistor tersebut jenis transistor Darlington PNP.
--> Setelah kita mengetahui bahwa itu transistor Darlington tipe PNP, maka kita dapat mulai mengetesnya;

 

Menentukan terminal BASIS

  1. Prosedur awalnya adalah menemukan termninal BASIS, COLLECTOR dan EMITTER.
  2. Set analog multimeter ke x1 Ohm
  3. Letakkan probe MERAH pada pin 1 transistor BC516 dan probe HITAM pada pin 2 dan 3.
  4. Seandainya pointer tidak menunjukkan pergerakan (jarum tidak bergerak), pindahkanprobe MERAH pada pin 2 (tengah) dan probe HITAM pada pin 1 dan 3. Seandainya ada pergerakan pada jarum ketika probe HITAM ditempelkan pada pin 1 dan 3, maka pin 2 adalah BASIS.
  5. Seandainya probe MERAH diletakkan pada pin 3 dan probe HITAM pada pin 1 dan 2, transistor Darlington yang dalam kondisi baik jarum penunjuknya tidak akan bergerak.
     
      Kita membutuhkan datasheet book untuk membantu kita dalam mengecek TRANSISTOR DARLINGTON dengan atau tanpa dioda di dalamnya.
    -->
    Karena di dalamnya terdapat dioda, maka mengetesnya berbeda dengan tanpa dioda. Agak sulit untuk menemukan terminal BASIS, COLLECTOR, EMITTER yang memiliki dioda di dalamnya. Disarankan untuk mengacu pada datasheet book dari komponen yang bersangkutan untuk menentukan terminal-terminal nya.
    Untuk mengetes tipe ini, perhatikan gambar berikut ;
       
                        
                                                                             
        -->
            --> * foto sebelum alih bahasa dari jestineyong.com