INDUCTOR / COIL





Testing Coil/Inductor

Pengujian coil sangat mudah dibandingkan dengan memeriksa tiga komponen utama seperti SCR, FET dan lain-lain Pada umumnya, kumparan terdirikawat yang melilit inti umum. Inti bisa dibuat dari besi atau bahkan udara (tanpa inti besi). Hal ini ditandai dengan lambang “L” di papan sirkuit (PCB).
Ketika arus listrik melalui kumparan, medan magnet diproduksi. Sebuah kumparan dalam beberapa hal bertindak sebaliknya kapasitor.
Sebuah komponen kapasitor DC sementara memungkinkan AC mengalir melalui itu; kumparan memungkinkan DC mengalir melalui itu sementara membatasi aliran arus AC.
Nama lain untuk kumparan adalah sebuah inductor.




 



Kumparan atau induktor dapat diuji menggunakan multitester analog , induktansi atau kumparan meter seperti “flyback dick smith tester”. Sebuah kumparan yang ukurannya kecil ,biasanya hanya dites dengan meter analog dan kita dapat  mengeceknya di papan sirkuit (PCB)  juga.
Set analog meter Anda untuk X1 ohm dan letakkan probe di kumparan kecil,
meter harus menunjukkan beberapa bacaan (atau kontinuitas) dan ini membuktikan bahwa gulungan kumparan baik-baik saja. Coil / kumparan kecil jarang rusak karena memiliki gulungan yang sedikit dibandingkan dengan gulungan besar dimana bisa memiliki banyak gulungan yang berbeda dan kemungkinan untuk  korsleting (Antara gulungan) sangat tinggi.


Untuk pengujian kumparan induktor lebih besar atau seperti komputer monitor B + koil, kita memerlukan induktansi meter untuk mengetahui induktansi tepat nilai yang ada di unit Henry (h). Penggunaan induktansi meter untuk memeriksa apakah itu kumparan baik atau buruk tidak direkomendasikan karena koil korsleting (korsleting antar gulungan) bisa memiliki nilai induktansi yang baik, padahal coil tersebut korslet.
Kecuali bila kita ingin menggunakan meter induktansi untuk menghitung, membaca dan melakukan rewinding, menggulung dan sebagainya pada coil itu. Untuk mengetes koil besar gunakan “flyback meter dick smith’ . Setiap gulungan yang korsleting di dalamnya dapat dengan mudah terdeteksi oleh meter ini.

  

Meteran flyback bahkan dapat digunakan untuk memeriksa kondisi ballast di lampu neon juga.


Untuk tester flyback, kita dapat membeli atau membuat sendiri mengunjungi situs ini:   http://www.flippers.com/pdfs/k7205.pdf
 


* foto sebelum alih bahasa dari jestineyong.com