SWITCH MODE POWER TRANSFORMER





Swich Mode Power Transformer digunakan pada switch mode power supply dalam peralatan electronic seperti pada monitor lomputer, TV, DVD dan lainnya. Fungsi dari SMPT adalah mengkonversi gelombang AC ke beberapa nilai, tinggi dan rendah. Bagian masukan disebut “gulungan primer”  dan keluarannya adalah “gulungan sekunder. Lihat POWER SUPPLY (link)



Modus Switch transformator jarang mengalami gangguan, jika gangguan itu ada biasanya akan menyebabkan daya komponen bocor atau benar-benar meledaksumbu utama dan perjalanan ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker). JikaSMPT gagal, biasanya itu adalah korsleting gulungan primer. Gulungan sekunder sangat kuat dan jarang mengalami masalah.

Untuk menguji secara akurat gulungan primer, kita tidak dapat menggunakan OHM meter (multitester), karena tidak akurat dan memberikan pembacaan yang salah. Dengan kata lain, pada saat kumparan primer dites dengan ohm meter, alat ukur menunjukkan kondisi yang baik, tetapi apabila menggunakan tester koil akan diketahui kalau kumparan itu rusak. Tester kumparan yang serind digunakan adalah DICK SMITH FLYBACK TESTER.
 
Testing SMPT





Pertama Anda harus menemukan gulungan utama SMPT . Lihatlah tanda positif dari besar filter kapasitor. Catatan: pastikan kosongkan muatalistrik yang ada pada kapasitor mengacu pada topik kapasitor. Trace dari pin positif dan akhirnya kita akan mencapai salah satu pin SMPT. Sekarang jejak dari pin pusat FET. Sekali lagi pin FET ini akan membawa Anda ke salah satu pin SMPT seperti terlihat dari foto. Lepas SMPT dan uji dua pin dengan koil / flyback tester.



  

Tempatkan probe flyback tester pada bagian gulungan primer switch mode power transformer, pada pengukuran apabila  menunjukkan 4 – 8 bar LED menyala ini menunjukkan transformer dalam keadaan baik. Seandainya hanya satu atau dua bar LED, atau indicator LED mati, maka kondisi gulungan primary dalam keadaan rusak (shorted). 


* foto sebelum alih bahasa dari jestineyong.com